Minggu, 01 Juni 2014

Skematik Mesin Las Inverter

Gambar Skema Mesin Las Inverter


Bagian-bagian penting Mesin Las Inverter :
1. DC Power Supply ( Merubah Tegangan AC menjadi DC ), terbagi dua
a. DC Supply Tegangan Rendah, 5V, 12V, dan 17.5Volt
b. DC Supply Tegangan Tinggi, 320 V
2. INVERTER ( Merubah Tegangan DC menjadi AC dengan Frekwensi Tertentu )
3. Pengontol Inverter, Pengaman Arus, Pengaman Tegangan, Pengaman Panas dan Pengaturan Tegangan
4. Output ELEKTRODA ( + )   dan ELEKTRODA ( - )



DC Power Supply

INVERTER


Pengontrol Inverter + Pengaman Arus/Tegangan,Panas




Output Elektroda(+)  dan (-)

Cara Kerja Mesin Las Inverter :
Tegangan AC dari PLN disearahkan untuk mendapatkan tegangan Tinggi sebesar 320Volt, dan Juga Tegangan Rendah antara 5V, 12V, atau 17.5Volt, tergantung dari Kapasitas Inverternya. Tegangan 320 Volt dipakai untuk mensupply Rangkaian INVERTER, sedangkan tegangan Rendahnya dipakai untuk mensupply Rangkaian Control Inverter dan Rangkaian Pengamannya. Pada Rangkaian Control Inverter dihasilkan perubahan tegangan DC 320 menjadi Tegangan yang dapat diatur dan dengan Frekwensi yang ditetapkan berkisar 20 Khz, dengan Tegangan berkisar 20 s/d 80 Volt. Tegangan ini akan diinduksikan  pada Output Frekwensi Transformer, sehingga pada ujung-ujungnya akan memiliki tegangan rendah berkisar 20 s/d 80 Volt. Tapi dengan Arus yang sangat Tinggi berkisar 20 s/d 200 Amper, bergantung pada spec dan kapasitas inverter. Tegangan ini kemudian disearahkan  sehingga diperoleh tegangan searah, yang akan mensupply Kawat Las ( Kawat Elektroda ).
Tegangan yang rendah, dan frekwensi yang tinggi dan arus yang tinggi ini yang akan melelehkan kawat elektroda,baik yang berukuran kecil 1,6 s/d 2,6 atau sedang 3,2 s/d 4 mm yang akan digunakan menyambung besi baja.Sistem pengelasan ini disebut dengan ARC Welding.







15 komentar:

  1. Agan yang mau servis mesin las listrik, baik hf welder atau las inverter disini tempatnya

    BalasHapus
  2. mas kalo kerusakannya trafo regulator 24 volt ada gantinya ga

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Kunjungi blog saya juga ya mas

    http://c1-electronics.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  5. Mas.sy mau tanya power suplai.tegangan nya +semua apakah.kapasitor nya yg bermasalah her makasih

    BalasHapus
  6. Kalo penyebab amper las mengecil yang rusak apa y y pak?

    BalasHapus
  7. bos bos inverter saya merek red ant, kalau di nyalakan dan riley nya bunyi , langsung mati lampu kya konslet yapi cuma sekali seyerusnya ngak mau nyala, mohon bantuanya, yerimakasih

    BalasHapus
  8. bos bos inverter saya merek red ant, kalau di nyalakan dan riley nya bunyi , langsung mati lampu kya konslet yapi cuma sekali seyerusnya ngak mau nyala, mohon bantuanya, yerimakasih

    BalasHapus
  9. Bang bro mau tanya adalah tr40n120.sekitar berapa mas bro.

    BalasHapus
  10. Trims seblmnya gan...ane ada problm mc merk rhino lampu dan kipas nyala tapi tdk bs mengelas / mati kerusakan di bagian apa ya..mhn bantuan nya seklian rangkaiannya.

    BalasHapus
  11. Met mlm bos saya bukan teknisi mesin las, tapi ini ada mesin las merk Rhino MMA 180. Bila di pakai ngelas tiap 3 jam api hilang tapi travo hidup kipas hidup, bila di matikan 1 jam lalu di hidupkan lagi bisa di pakai kerja lagi, begitu dan selalu begitu. Apa penyebabnya bos?

    BalasHapus
  12. Met mlm bos saya bukan teknisi mesin las, tapi ini ada mesin las merk Rhino MMA 180. Bila di pakai ngelas tiap 3 jam api hilang tapi travo hidup kipas hidup, bila di matikan 1 jam lalu di hidupkan lagi bisa di pakai kerja lagi, begitu dan selalu begitu. Apa penyebabnya bos?

    BalasHapus
  13. Mas klu nilai capasitor di mesin las yg ada tiga Berderet ukurannya brp ya , klu sempet blas di wa ya 089648693163

    BalasHapus
  14. 카지노 카지노 dafabet dafabet カジノ シークレット カジノ シークレット 카지노 카지노 ボンズ カジノ ボンズ カジノ 온카지노 온카지노 m88 m88 gioco digitale gioco digitale クイーンカジノ クイーンカジノ william hill william hill 277

    BalasHapus